Hangover

ALCOHOL FACT! INILAH JENIS-JENIS MINUMAN BERALKOHOL DENGAN KADAR ALCOHOL BY VOLUME (ABV)


Minuman beralkohol menjadi minuman yang banyak digemari oleh banyak orang berusia 21 tahun keatas. Selain karena rasanya yang nikmat, alkohol juga menyimpan cita rasa yang unik dari setiap jenisnya. Minuman beralkohol ini akan selalu cocok untuk dinikmati pada saat bersantai, menjadi mendamping makanan dan juga pilihan yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat. Berikut jenis-jenis minuman beralkohol yang perlu kamu ketahui sebagai pecinta alkohol:

1. Bir
Bir adalah jenis minuman beralkohol yang paling populer. Bahkan, bir adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air mineral dan teh. Bir juga merupakan salah satu minuman tertua di dunia yang telah diproduksi sejak 7.000 tahun silam. Bir standar memiliki ABV antara 4% hingga 6%, meskipun beberapa bir memiliki konsentrasi alkohol yang lebih tinggi atau lebih rendah. Misalnya, "bir ringan" hanya memiliki antara 2% hingga 4% ABV sementara "minuman keras malt" memiliki antara 6% hingga 8%.

2. Wine
Wine pertama kali ditemukan sekitar 6000 tahun yang lalu di Timur Tengah. Meskipun terkadang dipandang pahit dan beralkohol. Wine juga memiliki manfaat, salah satunya bagus untuk menjaga berat badan dan tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk, meskipun dalam wine mengandung kalori sebanyak 82.9 kkal. Wine standar memiliki ABV kurang dari 14%. Champagne, anggur bersoda yang paling terkenal, memiliki konsentrasi alkohol sekitar 10% hingga 12%. Beberapa wine "diperkuat" dengan alkohol suling. Port, Madeira, Marsala, Vermouth, dan Sherry adalah contoh anggur yang diperkaya. Mereka biasanya memiliki sekitar 20% ABV.

3. Gin
Nama minuman ini berasal dari nama Perancis untuk juniper berry, genièvre, diubah oleh Belanda menjadi genever dan disingkat oleh bahasa Inggris menjadi gin. Gin adalah minuman beralkohol yang terbuat dari buah juniper. Jenis minuman beralkohol yang satu ini memiliki kisaran 35% hingga 55% ABV.

4. Whiskey
Kata whiskey berasal dari Gaelic uisge, versi singkat dari uisge beatha yang berarti "air kehidupan”. Teknik-teknik pendistribusian dibawa ke Irlandia dan Skotlandia antara tahun 1100 dan 1300 oleh para biarawan. Karena anggur tidak mudah diperoleh di Irlandia dan Skotlandia, bir barley disuling menjadi minuman keras yang menjadi whiskey. Whiskey adalah minuman beralkohol yang terbuat dari biji-bijian yang difermentasi. ABV whiskey berkisar antara 40% hingga 50%.

5. Soju
Bagi penggemar Korean drama atau K-pop tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Soju merupakan minuman beralkohol yang berasal dari Korea. Etanolnya dihasilkan dari hasil fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran. Lalu, diproses melalui teknik penyulingan alias distilasi. Kadar alkohol yang terkandung pada soju sekitar 20 persen hingga 45 persen alkohol berdasarkan volume (ABV). Kadar alkohol yang paling umum untuk soju adalah 20 persen ABV.

6. Vodka
Yang terakhir adalah vodka, diproduksi pada abad XI oleh dokter Persia Al-Razi, yang pada awalnya ingin memisahkan etanol dengan distilasi. Vodka merupakan minuman keras yang biasanya terbuat dari biji-bijian dan kentang yang difermentasi, memiliki  konsentrasi alkohol standar 40% ABV di Amerika Serikat.
 
Seiring berjalannya waktu, setiap jenis alkohol tersebut semakin marak diperjualbelikan dikarenakan peminatnya yang sangat banyak. Produk dan merek minuman beralkohol mulai bermunculan, tentunya dengan inovasi varian rasa yang berbedabeda. Anda dapat merasakan setiap kenikmatan berbagai jenis minuman beralkohol yang tersedia di Liquor Store, seperti Brown and Spirts yang memiliki koleksi minuman terlengkap dan harga yang terjangkau.

Anda dapat menjumpai offline stores Brown & Spirits di Menteng, Bekasi, Cilandak, Gading Serpong dan akan segera dibuka di Pantai Indah Kapuk. Namun, untuk mendukung usaha pemerintah dalam mengurangi angka lonjakan kasus COVID-19, anda dapat melakukan pembelian melalui online stores yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, GoFood, Happy Fresh atau bisa juga melakukan pemesanan melalui Whatsapp: 08176969148.

Source:
https://www.alcoholrehabguide.org/alcohol/types/
https://www.inews.id/travel/kuliner/minumansoju#:~:text=Minuman%20soju%20umumnya%20bening%2C%20tidak,soju%20adalah%2020%20persen%20ABV.
https://id.hiloved.com/whiskey-history-the-history-of-whisky/
https://delphipages.live/id/hiburan-budaya-pop/makanan/gin-liquo


SHARE THIS


Welcome to Brown and Spirits

Halo, ada yang bisa kami bantu? Klik chat untuk kirim pesan sekarang dan mendapatkan bantuan

Chat

Sorry You're Underage